Jumat, 26 April 2013

Bertopang



·         Anas bin Malik r.a. meriwayatkan,
“Suatu hari, Nabi saw.menderita sakit, kemudian beliau keluar rumah dengan bertopang kepada Usamah bin Zaid. Saat itu, beliau mengenakan pakaian dari daerah Qithr yang melekat pada kedua pundak beliau, kemudian beliau melaksanakan shalat jamaah bersama para sahabat.”

(HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Hibban)

·         Fadhl bin Abbas r.a. meriwayatkan,
“Saya mengunjungi Rasulullah saw.ketika beliau sakit menjelang wafat beliau. Kepala beliau diikat dengan pembalut kuning. Maka, saya mengucapkan salam kepada beliau, kemudian memanggil, ‘Wahai Fadhl!’ Saya menjawab, ‘Saya memenuhi panggilan engkau, wahai Rasulullah.’ Beliau menjawab, ‘Kencangkanlah pembalut kepalaku ini!’ Saya pun melaksanakan permintaan beliau, kemudian beliau duduk dan meletakkan tangan beliau di atas pundakku {bertopang). Setelah itu, 
beliau berdiri lalu masuk ke dalam masjid.’”

(HR. Tirmidzi, Abu Ya’la, dan Thabrani)


Asy-Syamail al-Muhammadiyyah/Imam Tirmidzi/Bertopang