Minggu, 02 September 2012

Renungan Sholat Berjama'ah / Bab. 11 / Kiat Bangun Subuh


      Mengingat bahwa keterangan-keterangan tadi menunjukkan bahwa di antara sholat 5 waktu di masjid yang pahalanya terbesar adalah SHOLAT SUBUH BERJAMA’AH DI MASJID, namun banyak diantara umat Islam yang kesulitan untuk bangun subuh, sehingga waktu subuh masjid-masjid pada umumnya justru kosong.
         Maka penulis perlu menyampaikan suatu kiat, bagaimana caranya agar kita bisa BANGUN DENGAN MUDAH untuk ikut SHOLAT SUBUH BERJAMA’AH DI MASJID, syukur-syukur sebelumnya sholat TAHAJUD.

Di antara kiat-kiat itu adalah :
1.              Cepat-cepatlah tidur, jangan menghabiskan waktu untuk melihat tayangan TV yang tidak bermanfaat, jangan ngobrol atau melakukan apapun yang tidak berguna setelah ‘Isya.
2.                Untuk tahap awal kita harus memaksakan diri bangun pagi sebelum adzan shubuh, kalau mungkin 1 jam sebelumnya agar Anda punya waktu cukup untuk sholat TAHAJUD yang Allah sangat menngalakkannya :

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebai suatu ibadah tambahan bagimu : mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. "   (QS. Al-Isra / 17:79)

      Memaksakan diri dalam rangka mendidik diri sendiri adalah cara yang diajarkan Nabi s.a.w dan sangat efektif untuk mewujudkan disiplin yang diinginkan. Biasanya orang perlu 2 atau 3 minggu untuk memaksakan diri, setelah itu kita menjadi terbiasa sehingga tanpa dipaksakan automatis akan bangun sendiri.
       Contoh penggunaan paksa di dalam Nabi s.a.w adalah cara membentuk sifat sabar, Beliau bersabda :

“Barangsiapa yang menyabar-nyabarkan diri, Allah menjadikannya orang sabar, dan tidak ada orang yang diberi pemberian yang lebih baik dan lebih lapang dari pada kesabaran." (HR. Al-Bukhari 1400)

     Nah, Anda ingin terbiasa bangun subuh? Gunakan cara itu, paksa diri Anda untuk bangun subuh. Setelah itu, 2 atau 3 minggu kemudian Anda mulai terbiasa bangun subuh tanpa harus memaksakan diri lagi.

Adapun cara memaksakan diri, antara lain :
1.       Gunakan wecker (alarm), jika tidak cukup nyaring, belilah wecker yang nyaring.
2.       Minta tolong untuk dibangunkan, dengan gedoran di pintu kamar atau ditelepon.
3.       Setelah bangun :
a.       Segeralah baca do’a bangun tidur.
b.       Segera gosok gigi dan berwudlu, gunakan air dingin agar rasa kantuk Anda lenyap.
Laksanakan ini 2 minggu berturut-turut insyaaLlah Anda berhasil. Setelah itu Anda bisa bangun subuh., bahkan bangun tahajud dengan mudah ringan tanpa ada rasa keterpaksaan.

Renungan Sholat Berjama'ah/M.Zubaidi/Bab.11/Kiat bangun subuh/hal.37-40