Jumat, 31 Agustus 2012

PERISTIWA HARI SABTU



            Bani Israil gampang sekali melanggar perintah agama (Allah) untuk mendapatkan keuntungan materi yang tak berarti. Hal itu diabadikan Allah dalam Al-Qur’an untuk menjadikan pelajaran bagi manusia agar jangan meniru karakter mereka yang jelek begitu.

            Firman Allah surah 2 (Al-Baqarah) ayat 65 dan 66 :
            “Dan sesungguhnya sudah kamu ketahui orang-orang yang melanggar pada hari sabtu, lalu kami berfirman kepada mereka : “Jadilah kamu kera yang hina”.

            Hari Sabtu adalah hari khusus untuk beribadat bagi orang Yahudi, tidak boleh mengerjakan apa saja selain ibadat, tetapi setelah melihat banyak ikan berkeliaran di pinggir pantai di hari sabtu, mereka lalu menangkap ikan-ikan itu di hari Sabtu. Allah marah lalu memerintah semua mereka yang menangkap ikan itu menjadi kera yang hina. Menurut sebahagian ulama, bukan lah mereka menjadi kera, tetapi sifat dan tabiat mereka disamakan dengan kera, tetapi mungkin juga karena ketamakan itu, muka mereka makin lama makin sadis dan loba seperti muka kera.

Hidup Sebelum Mati/1989/Bey Arifin

ctt (.pen):
- Ketahuilah bila mana malam mingguan itu merupakan peristiwa diatas, dan janganlah mengikuti kebudayaan orang kafir, dan RasuluLlah s.a.w tidak mencontohkan itu (bermalammingguan). 
- Sebaiknya gunakanlah untuk berta'aruf kepada Allah.
- Ber-muhasabah-lah.