Senin, 24 September 2012

Bercelak


·         Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah saw; bersabda,
“Hendaklah kalian bercelak dengan menggunakan batu celak (al-itsmid), sebab celak dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu (mata).”   (HR. Trimidzi dan Abu Dawud ath-Thayalisi)

Ibnu Abbas juga berkata,
“Rasulullah saw., memiliki sebuah wadah celak yang beliau gunakan untuk bercelak setiap malam, sebanyak tiga kali di sini (mata kanan) dan sebanyak tiga kali di sini (mata sini). “ 
(HR.Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, dan Hakim)

·         Ibnu Abbas meriwayatkan,
“Sebelum tidur, Rasulullah saw., (suka) memakai celak dengan menggunakan batu celak (al-itsmid), sebanyak tiga kali di tiap-tiap mata beliau.” (HR. Tirmidzi)

Yasid bin Harun meriwayatkan,
“Rasulullah saw., memiliki sebuah wadah celak yang beliau gunakan untuk bercelak setiap kali hendak tidur, sebanyak tiga kali di tiap-tiap mata beliau.” (HR.Tirmidzi)

·         Jabir bin Abdullah meriwayatkan bahwa Raulullah saw., bersabda,
“Hendaklah kalian (memakai celak) dengan menggunakan batu celak (al-itsmid) ketika hendak tidur, sebab hal itu dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu (mata).”  
(HR.Tirmidzi dan Ibnu Adi)

·         Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah saw., bersabda,
“Alat celak yang paling baik bagi kalian adalah batu celak (al-itsmid) karena hal itu dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu (mata).”
(HR. Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, Nasa’i, dan Ahmad)

·         Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah saw., bersabda,
“Hendaklah kalian (memakai celak) dengan menggunakan batu celak (al-itsmid) karena hal itu dapat memperjelas penglihatan dan menumbuhkan bulu mata. “   (HR. Tirmidzi dan Abnu Adi)


Asy-Syamail al-Muhammadiyyah/Imam Tirmidzi/Bercelak/7:59-64