Sabtu, 25 Agustus 2012

Jangan pilih kasih

     Menurut Aslam, pada suatu hari Abdullah bin Arqam mendatangi Umar bin Khattab dan berkata, "Ya, Amirul Mukminin, ada beberapa perhiasan dan piring-piring perak yang berasal dari harta karun Jalula. Coba Anda lihat, dan katakan apa yang harus kami lakukan terhadap benda-benda itu."
     Umar menjawab, "Ingatlah aku mengenai hal ini ketika kau melihat aku sedang tidak sibuk."
     Beerapa hari kemudian, ketika Amirul Mukminin sedang tidak melakukan apa-apa, Abdullah bin Arqam mengingatkannya. Kemudian Umar bin Khattab pergi ke Baitul Maal (Kas Negara), lalu perhiasan dan piring-piring perak itu dibawa ke hadapannya.
    Setelah melihatnya beliau mengucapkan ayat keempatbelas Surah Al-Imran : "Manusia dikaruniai kecintaan terhadap wanita dan anak-anak, harta benda dari emas dan perak, kuda-kuda yang bagus, binatang ternak dan pekerbunan. Mereka adalah kenikmatan hidup, dan tempat kembali yang terbaik adalah pada Allah."
     Lalu ia melanjutkan," Kita tidak akan mampu menahan godaan sesuatu yang memang diciptakan nikmat bagi kita. Ya Allah, semoga kami dapat menggunakannya dengan baik. Lindungilah kami dari godaan setan."
    Tak lama kemudian salah seorang anak kandung Umar, Abdul Rahman, datang dan meminta sebuah cincin pada ayahnya. "Pergilah menemui ibumu, ia akan memberimu makan sup gandum," kata sang ayah.
     Umar tak memberinya apapun.


Buku Kecil Kearifan Islam/Seri satu/Maulana Wahiduddin Khan/Takwa/hal.144-145