Selasa, 10 Juli 2012

Renungan Sholat Berjama'ah bag. 03 / Perbandingan 3 Alam

     Sebelum datang ke dunia ini kita pernah hidup di alam rahim selama 9 bulan. Sekarang kita di dunia . kita mungkin saja bisa berumur panjang sampai 70 tahun.

RasuluLlah s.a.w bersabda :
" Umur-umur umatku antara 60 hingga 70 tahun dan sedikit sekali yang melampaui batas itu."  (HR.At- Tirmidzi 3473)

Meskipun begitu tidak boleh lupa, bisa saja nanti malam ajal menjemput kita.
     Setelah di dunia kita akan masuk alam kubur. Berapa lama di alam kubur? hanya Allah swt yang tahu. Untuk memudahkan perbandingan kita tuliskan saja angka 500 tahun.
     Setelah itu kita dibandingkan dan dikumpulkan di alam mahsyar. Alam mahsyar itu cuma 1 hari tapi lamanya seperti 50.000 tahun. ini berdasarkan firman Allah swt :
     "Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya limapuluh ribu tahun. (QS : Al-Ma'arij / 70: 4)

     Kemudian kita masuk ke akhirat yang kekal abadi, isinya hanya surga dan neraka.
    Akhirat yang kekal abadi tidak bisa dibandingkan dengan waktu yang terbatas meskipun lamanya milyaran tahun.
      Jadi cukuplah kita bandingkan umur di dunia dan masa di alam kubur dan lamanya alam mahsyar.
     Ternyata umur didunia ini sangat singkat jika dibandingkan dengan masa-masa di alam-alam berikutnya. saking singkatnya umur yang  70 tahun. itu tak nampak di grafik


     Sungguh merupakan kesalahan fatal bahwa pada umumnya manusia bekerja keras banting tulang untuk mempersiapkan masa depannya di dunia, agar bisa menikmati hari-hari pensiun dengan tenang dan senang.
     Padahal masa pensiun itu paling-paling cuma 1/10 dari usia kita yang sangat singkat itu dan bisa jadi kita sudah dijemput ajal sebelum pensiun. Anehnya untuk alam kubur, alam mahsyar dan akhirat yang kekal abadi, yang datangnya sudah pasti, tidak ada kerja keras, apalagi banting tulang.

Renungan Sholat Berjama'ah/Muhammad Zubaidi/ bab.3: 7-8