Selasa, 10 Juli 2012

Renungan Sholat Berjama'ah bag.02 / Hakikat nilai sholat subuh

     Tahukah Anda seperti apa nilai sesungguhnya dari iming-iming Allah swt yang dicueki oleh kebanyakkan orang Islam itu?

RasuluLlah saw bersabda :
" Barang siapa sholat 'isya berjamaa'ah dimasjid maka seolah- olah ia sholat separuh malam dan barang siapa sholat subuh bejama'ah (di masjid) maka seolah-olah ia sholat sepanjang malam. (HR.Muslim 1049)

Jelas, bahwa :
Sholat subuh bejama'ah dimasjid = Sholat selama 1 malam
1 malam= 10 jam = 600 menit

Ket :
*) 1 malam sekitar 10 jam, sebab menurut fiqih Islam hitungan malam bemula sejak matahari terbenam (sekitar jam 18:00 ) sehingga terbit fajar shodiq (sekitar jam 04:00)

     Dengan hitungan ini berarti, sholat subuh yang biasanya hanya memerlukan waktu 5 menit itu jika dilaksanakan dengan berjama'ah di masjid oleh Allah swt diberi nilai (pahala) seperti sholat sepanjang malam yaitu sekitar 10 jam atau 600 menit. Ini berarti Allah melipatkan pahalanya 120 kali.

Dalam grafik hitungan itu nampak seperti berikut :


Di rumah = 5
Di masjid = 600



     Begitu jauh beda perolehan pahala antara yang sholat sendirian dan yang sholat berjama'ah di masjid
     Kesimpulannya bahwa nilai pahala sholat Subuh berjama'ah bisa 120 LIPAT dibanding dengan sholat di rumah didasarkan pada asumsinya ; jika lamanya sholat subuh itu 5 MENIT dan jika panjangnya malam 10 JAM atau 600 MENIT, maka 600 MENIT itu adalah 120 lipat dibandingkan 5 MENIT.
     JADI ANGKA-ANGKA ITU JANGAN DIJADIKAN KEPASTIAN! Sebab orang sholat Subuh bisa saja 2 MENIT, 10 MENIT atau LEBIH LAMA. Begitu pula 1 malam bisa kurang dari 10 JAM, bisa juga LEBIH.

     Inti yang ingin disampaikan :
SHOLAT SUBUH BERJAMA'AH DI MASJID ITU PAHALANYA SANGAT BESAR, BISA 120 LIPAT DIBANDINGKAN SHOLAT DI RUMAH, BAHKAN BISA LEBIH BESAR LAGI, kalau mengingat sabda RasuluLlah saw :

 " Dua raka'at fajar (sholat subuh) itu (pahalanya) lebih baik dari dunia seutuhnya. (HR.Ahmad 27040)

     Nah, setelah menyaksikan grafik tadi dan fakta betapa besar nilai Sholat Subuh Berjama'ah, masih adakah orang Islam yang ingin masuk surga tapi tetap tidak peduli dengan sholat berjama'ah di masjid, mencueki iming-iming pahala yang amat besar dari Allah swt?
     Masih adakah orang yang bersikukuh untuk sholat dirumah yang pahalanya kecil, mempertahankan kemalasan pergi ke masjid yang mengindikasikan kemunafikan itu?
     Lebih dari itu setiap muslim dan muslimah hendaknya sadar, bahwa berapapun jumlah pahala itu  masih akan diadu beratnya dengan dosa-dosa kita, jika pahala-pahala kita kalah berat dengan dosa-dosa maka :

"Adapun orang-orang yang ringan timbangannya maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apa neraka hawiyah itu? (Yaitu) apa yang sangat panas."  (QS. Al-Qari'ah/101:6-9)


Renungan Sholat Berjama'ah/Muhammad Zubaidi/bab.2 : 3-5